Forum Anak Lawan Pandemic

GUNUNGKETUR - Pandemi virus Corona yang terjadi saat ini mempengaruhi kegiatan masyarakat dalam berbagai bidang. Pelaksanaan kegiatan maupun kehidupan sehari-hari masyarakat harus dilakukan dengan memperhatikan kebersihan diri, lingkungan, serta mempertimbangkan jarak fisik. Tidak hanya orang tua dan para pekerja yang terdampak langsung namun anak-anak juga menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang ikut merasakan efek dari pandemi virus Corona. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online agar anak-anak dapat menimba ilmu dari dalam rumah. Hal tersebut mempengaruhi pertumbuhan anak karena waktu yang biasanya digunakan untuk mengeksplorasi dunia luar dihabiskan dengan belajar di dalam rumah bersama orang tua secara daring. Oleh karena itu, Forum Anak Kota Yogyakarta bersama dengan Taman Pengasuhan Anak di bawah DPMPPA Kota Yogyakarta, menyelenggarakan sebuah kegiatan yakni FANDEMIC (Forum Anak Lawan Pandemic). FANDEMIC dilaksanakan untuk mengedukasi anak anak di kelurahan mengenai virus Corona yang dikemas secara menarik dan ceria serta untuk mengisi waktu luang selama liburan

Bersamaan dengan adanya transisi menuju normal baru, FANDEMIC diharapkan dapat menjadi salah satu jembatan antara anak anak dengan kehidupan bermainnya bersama dengan anak anak yang lain. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Giri Arum Kelurahan Gunungketur bekerja sama dengan Forum Anak Kelurahan Gunungketur dan Omah Kreatif Loedji 16 pada tanggal 25 Juni 2020 pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan diisi dengan materi yang akan disajikan secara menarik oleh FAKTA, ice breaking, serta kegiatan bermain bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan kebersihan diri, lingkungan serta jarak fisik. Peserta dan pelaksana kegiatan diwajibkan menggunakan masker serta mencuci tangan sebelum kegiatan dimulai. Peserta yang hadir tidak memiliki gejala virus Corona serta dibatasi berjumlah 25 orang yang berusia 7 hingga 10 tahun.

Materi yang akan diberikan meliputi pengetahuan mengenai virus Corona, gejala , serta cara mencegahnya yang dikemas sesuai dengan usia anak. Selain itu, disampaikan juga materi mengenai kesehatan reproduksi lewat film animasi yang disukai anak anak.