Entaskan Kemiskinan, Lurah Gunungketur Buka Pelatihan Budi Daya Lele Cendol

GUNUNGKETUR BERDAYA, YOGYA - Minggu (20/6/2021), Drs. Leonard Hutepea Lurah Kelurahan Gunungketur membuka Pelatihan Budi Daya Lele Cendol di Kampung Margoyasan.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kelurahan Gunungketur dengan didanai oleh APBD Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Lurah menyampaikan, "Budi daya lele cendol sangat cocok di perkotaan yang terkendala lahan sempit. Dengan Pelatihan Lele Cendol ini lele bisa dipanen dalam waktu relatif singkat, bernilai ekonomi tinggi dan diharapkan berkelanjutan agar berdampak pada pengentasan kemiskinan".

"Saat ini meningkatnya angka positif Covid-19 di Kota Yogyakarta perlu diwaspadai dan menjadi perhatian masyarakat. Selain akibat dari masuknya pendatang dari luar Kota Yogyakarta, tidak dipungkiri warga Jogja sendiri yang berpergian ke luar kota dan kembali ke rumah meningkatkan prosentase kemungkinan terjangkit virus Covid-19", imbuhnya lagi.

 

 

Pelatihan Lele Cendol kali ini dilaksanakan di Kampung Margoyasan tepatnya di rumah Bapak Reza yang juga menjadi sekretaris Kampung Margoyasan dengan diikuti oleh 20 peserta.

Hadir sebagai Instruktur dalam pelatihan ini Bapak Christanto Darmawan selaku PPS DIY (Penyuluh Perikanan Swadaya) dan praktisi budi daya lele cendol.

Pelatihan di hari minggu ini merupakan tahap awal yang berupa pembekalan pengetahuan dan penempatan drum plastik sebagai tempat budi daya lele.

Pada minimal 7 hari ke depan diharapkan drum yang sudah terisi air, garam dan larutan probiotik, siap untuk ditebar benih lele dengan ukuran 6-7cm sebanyak kurang lebih 250 ekor per drum.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan Gunungketur