Menghidupkan Kembali UMKM Kelurahan Gunungketur melalui Acara Sekati Ing Mall

GUNUNGKETUR BERDAYA, YOGYA - Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pasar Industri Kreatif bertajuk Sekati Ing Mall. Asal muasal nama “Sekati” adalah sekaten, pasar rakyat yang rutin diadakan menjelang Maulud Nabi di Alun-alun Utara pada setiap tahunnya. Prosesi sekaten tetap diadakan di Keraton, namun "Sekati" lebih pada membawa semangat suasana Sekaten kembali.

Acara ini telah berlangsung selama 7 hari, pada 13-18 Oktober 2021. Sekati Ing Mall diadakan di tiga tempat, yaitu Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Mall. Untuk pembagiannya, terdapat 40 UMKM yang ditempatkan di Malioboro Mall, 20 UMKM di Galeria Mall, dan 10 UMKM di Lippo Mall. Acara dilaksanakan dengan tetap menaati protokol kesehatan (CHSE): Cleanliness, Healt, Savety, and Environment Sustainability. Masyarakat yang menjadi panitia, peserta acara, dan pengunjung harus melewati petugas pengecekan terlebih dahulu, untuk dicek suhu dan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi.

Acara ini mengusung kreatifitas dalam hal kerajinan tangan dan juga pakaian atau “Craft and Fashion”. Peserta UMKM yang dapat menawarkan produknya dalam acara "Sekati Ing Mall" adalah UMKM yang telah terdaftar di Pemkot Yogyakarta. Produk yang dijual dan ditawarkan yaitu produk buatan tangan, seperti batik tulis, batik cap, batik ecoprinting, batik jumputan (tie dye), tas dan dompet rajut, tas dan dompet kulit, sepatu dan sandal kulit, serta kain perca.

Antusias masyarakat penggiat UMKM sangat tinggi. Kelurahan Gunungketur juga turut serta dalam acara ini. Terdapat tiga perwakilan UMKM dengan berbagai produk kerajinan tangannya. UMKM tersebut yaitu D'perca dengan baju, blus, dan vest hasil perpaduan kain perca, UMKM Baju Batik Ecoprint, dan UMKM Tas Anyaman Daun Pandan Lukis. Inovasi produk masyarakat ini ditawarkan dengan harga yang menarik.

Puncak acara "Sekati Ing Mall" pada tanggal 17 Oktober 2021 dengan diadakannya Fashion Show oleh para istri OPD Pemkot Yogyakarta dan peserta dari komunitas yang menampilkan produk dari UMKM daerahnya. Acara fashion show tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian Sekati Ing Mall, yang dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota - Heroe Purwadi. (knh)