Sosialisasi dan Pelatihan Pengoperasian Akun JSS Ketua RT RW

GUNUNGKETUR BERDAYA, YOGYA - Rabu (19/1/2022) Kelurahan Gunungketur dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta memberikan sosialiasi dan pelatihan pengoperasian aplikasi JSS (Jogja Smart Servis) bagi ketua RT dan RW. 

JSS atau Jogja Smart Service adalah sebuah Aplikasi Layanan Publik secara digital yang disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta bagi masyarakat maupun pegawai. JSS bisa diartikan sebagai Balai Kota virtual atau portal maya Pemerintah Kota Yogyakarta, karena masyarakat seakan dibawa ke Balai Kota untuk mendapatkan layanan yang lengkap hanya dengan sentuhan jari.

Bertempat di Balai Giri Arum, sosialisasi ini dirasa sangat penting bagi ketua RT dan RW agar dapat memahami dan terbiasa dengan aplikasi JSS hususnya Layanan Surat Warga, sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mendekatkan layanan publik kepada masyarakat. Pada menu Layanan Surat Warga, Ketua RT/RW dapat mengakses menu Surat Pengantar RT/RW.

Kegunaan menu Surat Pengantar RT/RW pada aplikasi JSS adalah untuk mengajukan permohonan surat pengantar dari RT dan RW. Surat pengantar ini umumnya digunakan sebagai salah satu syarat mengurus administrasi Layanan Kelurahan Kecamatan, Layanan Umum/Kependudukan, maupun keperluan lainnya di luar layanan Jogja Smart Service.

Pada sosialisasi kali ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga mendistribusikan buku "Jenis Layanan dan Persyaratan Dokumen Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil" sebagai pedoman bagi ketua RT/RW.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan Gunungketur