Sinergitas TNI POLRI dan Kelurahan

GUNUNGKETUR BERDAYA (10/06/22), gunungketurkel.jogjakota.go.id - Kantor Kelurahan Gunungketur ditunjuk sebagai salah satu tempat Penilaian Lomba Inovasi Bhabinkamtibmas Tingkat DIY karena bhabinkamtibmas kelurahan Gunungketur Aiptu Henis Catur menjadi wakil Polresta Kota Yogyakarta pada lomba tersebut.

Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan suatu situasi yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dan kegiatan masyarakat, sehingga masyarakat merasa tentram, aman, dan damai. Situasi yang aman bagi setiap masyarakat akan dapat meningkatkan motivasi dan semangat hidup, karena tidak ada rasa takut akibat kemungkinan adanya gangguan yang akan menimpa.

Dalam lomba tersebut, Aiptu Henis Catur mengangkat inovasi berupa pembuatan kamar layak huni dan identitas kependudukan bagi 3 orang bersaudara yaitu Bp. Kuswadi, adiknya Lestari dan Suriptinah. Tiga bersaudara tersebut sudah bertahun-tahun hidup menggelandang di wilayah kelurahan Gunungketur meski memiliki rumah warisan orang tuanya. Dengan gigih Aiptu Henis Catur berupaya membangun rumah warisan orang tuanya menjadi kamar yang layak huni dan membujuk tiga bersaudara tersebut untuk mau tinggal di dalam kamar.

Selain berhasil membuatkan kamar dan membujuk untuk tidur dikamar dan tidak menggelandang, Aiptu Henis Catur bersama kelurahan Gunungketur dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta berhasil membuatkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP bagi ketiga saudara tersebut sehingga kedepan mereka bisa menjadi warga masyarakat yang patuh hukum, tercatat sebagai warga kota Yogyakarta dan bisa mengakses bantuan sosial dari pemerintah.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan Gunungketur