Anggota Bank Sampah Meningkat Seiring Program Zero Sampah Anorganik

GUNUNGKETUR BERDAYA, gunungketurkel.jogjakota.go.id - Sabtu (7/1/2023) Lurah berserta Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kasi Ekonomi Pembangunan melakukan sambang wilayah terkait program Zero Sampah Anorganik. Bertempat di Bank Sampah Alamandha RW 05, anggota bank sampah tampak antusias mengikuti penimbangan yang dilaksanakan oleh pengurus bank sampah Alamandha bekerjasama dengan pelapak.

Informasi yang didapat dari pengurus bank sampah Alamandha, program Zero Sampah Anorganik yang digadang oleh pemerintah kota Yogyakarta berimbas pada meningkatnya keanggotaan bank sampah. Ini sejalan dengan program Zero Sampah Anorganik yang salah satunya adalah memberdayakan semua warga masyarakat agar bisa menjadi anggota bank sampah di wilayahnya. Selain mendukukng program Zero Sampah Anorganik, dengan menjadi anggota bank sampah diharapkan masyarakat bisa mendapatkan "Cuan" dari menjual sampah anorganiknya melalui bank sampah.

Pada penimbangan kali ini, bank sampah Alamandha dengan 25 anggota yang menimbang bisa mendapatkan "Cuan" sekitar 1,5 juta rupiah. Lurah Gunungketur berharap bank sampah lain juga dapat meningkatkan kegiatannya seiring dengan program Zero Sampah Anorganik. Selain mengurangi kuantitas sampah yang masuk ke TPA Piyungan, juga bisa menghasilkan "Cuan" bagi warga masyarakat.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan