MONITORING BIOPORI DALAM RANGKA PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI

GUNTUR BERDAYA, gketurkel.jogjakota.go.id.(19/2/2024)Sebagai tindak lanjut dari pelatihan bagi  kader Bank Sampah di Kota Yogyakarta,maka dilaksanakan monitoring pemasangan biopori dan pemanfaatannya  di wilayah Kelurahan Gunungketur.

Monitoring dilaksanakan pada Senin,19 Februari 2024 terhadap 5 Bank Sampah di Kelurahan Gunungketur  antara lain Giri Setunggal,Greget Rereget,Kid Pag,Soka 6 dan Blazent.Hadir dalam kegiatan ini dari Dinas Lingkungan Hidup sebagai penyelenggara,Ketua Bank Sampah ,Forum Bank Sampah , dari Kelurahan Gunungketur dan Faskel setempat.

Dengan adanya monev ini bisa dilihat tingkat kesadaran warga dalam pengolahan sampah organiksecara mandiri  ,kegiatan ini juga bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah di Kota Yogyakarta. Mengingat terbatasnya tempat pembuangan sampah yang ada ,maka diperlukan pengolahan sampah awal dari rumah tangga  salah satunya menggunakan metode biopori.

Semoga hal ini bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan sampah untuk mewujudkan Kota Yogyakarta yang bersih dan sehat.(ns)