Pelatihan Pertanian Perkotaan

GUNTUR BERDAYA, gunungketurkel.jogjakota.go.id.Pelatihan Pertanian Perkotaan adalah langkah strategis untuk menciptakan lingkungan kota yang lebih hijau, sejuk dan menjadi salah satu solusi inovatif untuk mengatasi masalah ketahanan pangan, lingkungan, dan sosial di tengah pertumbuhan kota yang pesat. Pelatihan Pertanian Perkotaan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada masyarakat perkotaan dalam memanfaatkan ruang-ruang yang ada untuk kegiatan pertanian, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan.

Pelatihan Pertanian Perkotaan dengan tema Budidaya Alpukat dalam Tabulampot adalah langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas pertanian di lingkungan perkotaan. Menurut Bapak Eka Yulianta selaku narasumber yang juga sebagai Ketua Asosiasi Tabulampot Kota Yogyakarta, alpukat merupakan buah dengan nilai gizi yang tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat, menjadi salah satu komoditas pertanian yang sangat potensial untuk dibudidayakan. Bahkan bisa menjadi alternatif makanan atau minuman untuk penanggulangan stunting. Menurut Ibu Lurah Gunungketur, Sunarni, S.M,. M.M., Kelurahan Gunungketur mempunyai wilayah yang padat sehingga dibutuhkan pelatihan pertanian yang sesuai untuk lahan yang terbatas. alpukat dirasa sangat cocok untuk dibudidaya di lahan yang terbatas dengan perawatan yang mudah.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, peserta akan berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan ketahanan pangan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan perkotaan. Peserta akan mampu mengoptimalkan lahan terbatas dan meningkatkan pendapatan melalui budidaya alpukat yang efisien dan berkelanjutan. Mari bergabung dan menjadi bagian dari gerakan pertanian perkotaan yang inovatif dan produktif.

 

Pada akhir acara dibagikan paket percontohan yang terdiri dri bibit tanaman alpukat kendil sebanyak 1(satu) buah kepada masing" peserta.