PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK SKALA RUMAH TANGGA MELALUI BIOPORI  DI BANK SAMPAH ALAMANDA RW 05 KELURAHAN GUNUNGKETUR

GUNTUR BERDAYA, gunungketurkel.jogjakota.go.id. - Selasa  16 Juli 2024 merupakan rangkaian terakhir   pelatihan pembuatan kompos melalui pengolahan sampah organik skala rumah tangga  di  Kelurahan Gunungketur. Pada kali ke 9 pelatihan  dihadiri oleh Lurah Gunungketur Ibu Sunarni S.M,M.M, ,FBS,Faskel Ka.RW 05 dan Peserta dari warga RW 05

Terdapat beberapa cara dalam pengolahan sampah organik antara lain dengan losida,ember tumpuk dan biopori.Pelatihan kali ini menitik beratkan pada metode biopori.Keunggulan biopori sebagai pengolah sampah organik adalah mudah dalam penggunaannya,praktis dan jug a murah.

 

Sumber dana pelatihan adalah dari Dana Keistimewaan,demikian disampaikan oleh Ibu Lurah Gunungketur Sunarni,S.M,M.M,sehingga bersifat top down yang  artinya sudh merupakan kebijakan dari Pemerintah.Sehingga masyarakat tinggal memanfaatkan biopori yang diberikan sebagai tempat untuk mengolah sampah organik secara optimal.

Warga sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini,terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Harapan dari rangkaian pelatihan ini adalah perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik lagi dalam pengolahan sampah terutama organik yang menyumbang 60% sampah di Kota Yogyakarta.